Cucum Suminar

Lifestyle, Parenting & Travelling Blog

Ini Lho Mi Ayam Pangsit Bangka Enak di Batam

Salah satu makanan favorit saya adalah mi ayam.  Namun sayangnya, tempat makan mi ayam yang enak di Batam, Kepulauan Riau, tidak sebanyak bakso. Terkadang ada penjual bakso dan mi ayam, baksonya enak, lezat, mi ayamnya enggak banget. Beberapa malah ada yang bikin seueul usai dimakan. Mual. Menyisakan rasa yang kurang enak di perut.

Mie ayam pangsit Bangka Afun. | Dokumentasi Pribadi

Setelah mencoba beberapa mi ayam, menurut saya, salah satu mi ayam yang enak di Batam itu yang di Kopitiam Vita Bread, Bengkong. Mie Ayam Pangsit Bangka Afun.

Penjualnya sepasang suami-istri Chinese. Namun, mie ayamnya halal kok. Ada logo halal yang ditempel lumayan besar di gerobak mi ayam tersebut. Pembeli muslim juga lumayan banyak.

Porsi Besar, Harga Terjangkau

Porsi mi ayam yang dijual di Mie Ayam Pangsit Bangka Afun lumayan besar dengan taburan ayam yang tergolong banyak. Selain itu ada tambahan satu butir bakso dan pangsit basah. Harga per porsinya Rp17.000.


Mie ayam pangsit Bangka Afun. | Dokumentasi Pribadi

Dalam satu minggu, saya bisa membeli dua hingga tiga kali. Terkadang buat sarapan, terkadang untuk makan siang. Mi ayamnya enak soalnya, gak bikin bosan. Anak-anak saya juga suka.

Namun sejak pandemi, seringnya saya membeli Mie Ayam Pangsit Bangka Afun ini dibungkus, tidak makan di tempat. Meski kasus Covid-19 di Batam sudah melandai, saya merasa lebih aman dan leluasa makan di rumah.

Apalagi mi ayam ini tetap enak walaupun dimakan di rumah. Terkadang ada kan ya mi ayam yang hanya enak kalau makan di tempat, kalau dibungkus dan dimakan di rumah rasanya lain, berbeda. Tidak selezat kalau makan di tempat.

Sudah Buka Sejak Pagi

Saya biasanya membeli mi ayam ini sehabis berbelanja kebutuhan sehari-hari di Pasar Tradisional Cahaya Garden, atau usai mengantar/menjemput anak sekolah.

Pilihan untuk sarapan atau makan siang. | Dokumentasi Pribadi

Mie Ayam Pangsit Bangka Afun ini sudah buka sejak pukul 06.00. Sasaran pembelinya adalah orang-orang yang sarapan. Apalagi memang buka di kopitiam, berbaur dengan para penjual makanan lain yang memang untuk sarapan pagi.

Meski demikian, mi ayam ini juga buka hingga siang. Biasanya hingga pukul 14.30. Namun, seringnya suka tutup lebih cepat karena sudah habis. Paling aman telepon dulu, atau datang saat makan siang sebelum pukul 13.00.

Pernah soalnya beberapa kali, datang ke sana pukul 13.30, sudah habis, atau hanya tinggal sisa satu porsi, padahal saya mau membeli lebih dari satu porsi. Terpaksa akhirnya membeli makanan lain.

Mi Ayam Favorit

Mie Ayam Pangsit Bangka Afun salah satu mi ayam favorit di Batam. Meski lokasinya di Bengkong, banyak pembeli dari kecamatan lain. Dari Batamcentre, Mukakuning, Batuaji., Nagoya.

Suasana Kopitiam Vita Bread. | Dokumentasi Pribadi

Mi ayam ini memang menjangkau lebih banyak pembeli. Selain dijual secara langsung, Mie Ayam Pangsit Bangka Afun juga dijual melalui aplikasi pesan-antar online.

Apalagi dikemasnya lumayan bagus. Saya pernah beli dibungkus dan baru dimakan 30 menit kemudian. Masih terasa hangat lho.

Dibiarkan jauh lebih lama juga masih enak. Tidak cepat basi.

Waktu itu pernah beli pagi, rencananya untuk sarapan, ternyata baru bisa dimakan menjelang makan siang. Masih enak. Namun kuahnya memang sudah dingin, harus dihangatkan lagi kalau mau makan panas-panas. Tapi kalau tidak mau dihangatkan lagi juga tetap enak kok.

Buat penggemar mi ayam di Kota Batam harus coba makan di Mie Ayam Pangsit Bangka Afun. Beneran deh, mi ayamnya enak.

Selamat Makan. Salam! (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *