Cucum Suminar

Lifestyle, Parenting & Travelling Blog

Cepat dan Mudah, Mengurus Perpanjangan SIM di Polresta Barelang, Batam

Awal Desember 2022 ini, masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) C saya habis. Saat akan memperpanjang, sempat agak galau. Takut ribet dan lama. Namun, sekarang ternyata mengurus (perpanjangan) SIM sangat mudah dan cepat.

Apa yang Harus Disiapkan?

Berkas yang harus disiapkan untuk perpanjangan SIM adalah SIM dan KTP asli yang masih berlaku, fotokopi KTP, surat kesehatan dan surat psikologi.

Suasana mengurus SIM di Polresta Barelang, Batam. | Dokumentasi Pribadi

Berapa banyak salinan KTP yang diperlukan? Saat mengurus perpanjangan SIM awal Desember lalu di Polresta Barelang, Batam, Kepulauan Riau, saya hanya diminta menyerahkan satu fotokopi KTP saat ikut tes psikologi. Namun, untuk berjaga-jaga sebaiknya membawa dua atau tiga salinan KTP.

FYI, sebelum mengurus perpanjangan SIM di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) yang berlokasi di Gedung Pelayanan Parama Satwika Polresta Barelang, kita harus lebih dulu mengurus surat kesehatan dan psikologi.

Kita dapat mengurus kedua surat tersebut di klinik kesehatan. Jangan terkecoh, lokasi klinik berada di luar areal Polresta Barelang.

Nanti ada jalan kecil persis di samping Polresta Barelang. Masuk ke jalan kecil tersebut hingga menemukan minimarket Alfamart. Nah, lokasi klinik persis disamping minimarket tersebut.

Biaya untuk tes psikologi Rp100.000 dan tes kesehatan Rp40.000.

Tes psikologinya ternyata sudah menggunakan tablet dengan durasi waktu yang terbatas. Kirain masih menggunakan kertas yang jawabannya harus disilang atau dilingkari hehe.

Suasana tes psikologi. | Dokumentasi Pribadi.

Soal tes psikologi sebenarnya tidak sulit, tetapi butuh ketelitian ekstra. Ada beberapa soal yang harus membandingkan apakah soal sebelah kiri sama dengan soal sebelah kanan, atau malah berbeda.

Deeh… berkali-kali saya bandingkan, takut salah jawab soalnya hehe.

Namun, tenang untuk tahap-tahap awal akan dipandu oleh petugas. Nanti kita tinggal menyebutkan jawabannya saja.

Pelayanan Satu Pintu

Setelah mengantongi hasil tes psikologi dan tes kesehatan, kita bisa langsung ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) yang berlokasi di Gedung Pelayanan Parama Satwika Polresta Barelang.

Ada beberapa pelayanan di gedung tersebut, untuk pengurusan SIM berada di sebelah kanan.

Loket pembayaran dan loket pengambilan SIM. | Dokumentasi Pribadi.

Sebelum ke areal pengurusan SIM, kita harus menyerahkan berkas pengajuan ke bagian informasi. Saat membuka pintu gedung, bagian informasi akan langsung terlihat. Nanti petugas di bagian informasi tersebut akan memberi kita blangko yang harus diisi dan nomor antrean. Mereka juga akan bertanya golongan darah kita.

Setelah mengisi blangko, kita nanti akan diminta membayar biaya perpanjangan SIM di loket sebelah kanan. Biaya perpanjangan untuk SIM C Rp75.000.

Jadi bila ditotal, jumlah biaya keseluruhan untuk perpanjangan SIM C Rp215.000.

Setelah membayar biaya perpanjangan SIM, kita masukan seluruh berkas yang sudah dibundel ke meja pelayanan yang berderet rapi diseberang loket. Ada satu keranjang khusus yang disediakan.

Setelah itu, tinggal menunggu antrean untuk foto, tanda tangan dan memastikan data-data yang diinput sudah benar.

Usai foto, tanda tangan, dan mengecek data diri, kita akan diminta menyerahkan kembali berkas ke bagian pengambilan SIM. Taraaa… SIM pun jadi.

Saat saya mengurus SIM tersebut, kebetulan tidak terlalu ramai. Proses pencetakan SIM tidak sampai lima menit.

Senang SIM-nya langsung jadi sehingga tidak harus bolak-balik untuk mengambil.

FYI, SIM langsung jadi untuk Kota Batam sepertinya baru ada di Polresta Barelang, untuk tempat pelayanan lain seperti di BCS Mall dan Mal Pelayanan Publik, tetap harus menunggu satu hari. Esoknya baru bisa diambil.

Cepat Tanpa Calo

Terkadang, hal yang membuat malas saat mengurus dokumen seperti SIM adalah prosesnya yang belibet dan sarat calo. Namun ternyata tidak. Proses pembuatan SIM terbilang cepat dan tanpa calo.

Proses cepat. | Dokumentasi Pribadi.

Semua proses, biaya, dan tahapan juga jelas.

Awal Desember 2022 lalu, saya hanya memerlukan waktu sekitar 60 menit, mulai dari tes psikologi, tes kesehatan, foto, tanda tangan, dan menunggu SIM dicetak.

Mungkin karena saya datang pagi dan hari kerja.

FYI, pelayanan SIM buka juga pada akhir pekan, Sabtu.

Jadwal pelayanan untuk tes kesehatan dan psikologi:

Senin sampai dengan Jumat dari pukul 08.00 hingga 14.30.

Sabtu dari pukul 08.00 hingga 11.30.

Istirahat dari pukul 11.30 sampai 13.00 untuk Senin hingga Kamis.

Sementara istirahat untuk hari Jumat dari pukul 11.30 hingga 13.30.

Minggu dan Tanggal merah tutup.

Bila waktu mepet dan tidak bisa mengurus dalam satu hari karena satu dan lain hal, bisa juga mengurus tes kesehatan dan tes psikologi terlebih dahulu, esoknya baru mengurus perpanjangan SIM.

Masa Berlaku SIM Tidak Lagi Mengikuti Tanggal Lahir

Saat SIM sudah jadi, saya sedikit terperanjat saat melihat masa berlaku. Ternyata sekarang tanggal masa berlaku mengikuti tanggal buat, bukan tanggal lahir.

Memang lebih fair seperti itu.

Namun, kita harus lebih menajamkan memori, jangan sampai lima tahun kedepan lupa memperpanjang SIM efek masa berlakunya tidak sama dengan tanggal lahir hehe.

Biasanya dulu setiap kali mendekati tanggal lahir, ada dua dokumen yang dicek, SIM dan KTP. Namun, KTP sekarang sudah berlaku seumur hidup, dan SIM juga tidak lagi mengikuti tanggal lahir.

Semoga bermanfaat. Salam! (*)

18 comments on “Cepat dan Mudah, Mengurus Perpanjangan SIM di Polresta Barelang, Batam

  1. Ada tes psikologi ya? Saya perpanjang september tahun lalu gak ada. prosesnya cepet juga karena di SIM keliling di Bogor

  2. wah baru tau nih kak kalau sekarang SIM batas masa berlakunya sampai waktu disaat kita buat bukan di tanggal lahir lagi. Sekarang memag perpanjangan SIM dipermudah ya kak, alhamdulillah.

  3. Seneng ya mba kalau ngurus perpanjangan SIM bisa cepat dan ga ribet gini.
    Masyarakat pasti sangat terbantu dengan sistem yang jelas seperti perpanjangan SIM di Polresta Balerang, Batam.
    Aniway, yang untuk masa izin sesuai tanggal bikin, duh auto catat nih biar ga kelewat, hhe.

  4. Kadang, uda capek duluan ya..
    Masa ulang tahun diminta antri buat perpanjangan SIM?
    Tapi kalo ngurus dari awal lagi, malah berat. Jadi perpanjangan ini wajib banget, gak boleh kelewatan. Dan tanpa calo, juga bisa cepat selesai ya..
    Alhamdulillah~

  5. Makin ke sini pelayanan bikin dan perbarui SIM makin bagus ya. Mengadaptasi teknologi juga. Tesnya pakai tablet. Ada pemangkasan waktu dalam proses ngurusnya. Keren, pelayanan publik harusnya begini.

  6. Saya baru tahu tes perpanjangan SIM Ada tes Psikologinya. Kirain Tes tentang pengetahuan berkendara aja. Udah lupa lagi sih dulu gimana perpanjangan SIM punya saya. Sekarang tesnya juga udah online ya Mba, nggak tertulis Kaya dulu

  7. Praktis dan cepat nih, jadi ngak perlu pakai calo. Tapi baru tahu kalau perpanjangan SIM ada tes psikologi, rasanya udah lama banget ngak ikut tes-tes semacam ini. Mudah-mudahan kemudahan ini bisa diaplikasikan di daerah lain seluruh Indonesia.

  8. Wah, Alhamdulillah ya mbak
    Kalau pengurusan SIM mudah dan cepat
    Ini info yang menarik untuk dibagikan
    Biar yang mau urus SIM tahu secara detail langkah-langkahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *