Cucum Suminar

Lifestyle, Parenting & Travelling Blog

Yuk, Percantik Tangan dan Kuku dengan Ramuan Buatan Sendiri!

Gambar diambil dari nakita.id

Wajah umumnya menjadi anak emas aneka perawatan. Perawatan apa saja dilakukan agar wajah terlihat kinclong. Padahal selain wajah, tangan dan kuku juga menjadi salah satu aset agar kita terlihat cantik. Tidak mau kan, saat mengunggah foto di media sosial, ada yang beromentar, mukanya cantik, mulus, tapi kok tangannya begitu.

Terlebih setelah membaca beberapa referensi, ternyata ada banyak cara mudah dan “murah” agar tangan terlihat lebih terawat. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat alami dan mudah didapat. Sehingga, tentu saja lebih ekonomis karena bisa kita racik dan lakukan sendiri perawatannya di rumah.

Agar Kulit Tangan Lebih Halus dan Lembut

Agar kulit tangan terasa lebih halus dan lembut, kita dapat menggunakan bahan alami yang ada di sekitar yang dapat berfungsi sebagai scrub. Bahan yang mampu mengangkat sel kulit mati. Bahan apa saja yang dapat digunakan?

Kentang

Rebus kentang, lalu haluskan. Setelah halus sempurna, campurkan dengan susu hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada seluruh kulit tangan. Durasi pengolesan sekitar 15-30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Brown Sugar

Campurkan brown sugar dengan baby oil sampai seperti pasta. Setelah itu oleskan pada tangan dan lengan sambil di gosok. Setelah selesai, bilas.

Kulit Pisang

Usai memakan pisang, kulitnya jangan buru-buru dibuang. Manfaatkan kulit pisang tersebut untuk membuat kulit tangan lebih halus dan lembut. Gosokan kulit bagian dalam buah pisang pada permukaan tangan. Setelah itu, diamkan selama 15-30 menit. Lalu, bilas.

Kopi Bubuk, Gula, dan Minyak Zaitun

Campurkan kopi bubuk, gula, dan minyak zaitun menjadi pasta. Kemudian, oleskan pada tangan dan diamkan selama 15 hingga  30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

Wortel, Sourcream, dan Minyak Zaitun

Campurkan wortel, sourcream, dan minyak zaitun. Setelah itu oleskan pada kulit tangan dan diamkan hingga sekitar 20 menit. Selain membuat kulit tangan lebih halus dan lembut, campuran ketiga bahan ini akan membuat kulit tangan lebih cerah dan sehat.

FYI, sourcream merupakan krim yang dibiakan dengan bakteri tertentu sehingga menggumpal dan memiliki rasa asam. Bisa dibuat sendiri dengan menggunakan susu segar yang diberi jeruk nipis/lemon, kemudian diaduk hingga kental. Namun, bila ingin lebih praktis sebenarnya bisa dibeli di pasar swalayan besar di bagian diary product. Umumnya sourcream dikemas dalam mangkuk plastik.

Tanpa dicampur dengan minyak zaitun dan sourcream, wortel sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kulit. Baik dikonsumsi (aka dimakan) secara langsung, maupun hanya dioleskan seperti masker. Wortel mengandung banyak vitamin, karoten, dan nutrisi yang membantu melawan bahaya radikal bebas.

Agar Kulit Tangan Lembab

Agar kulit tangan selalu terasa lembab, bisamenggunakan beberapa campuran ini. Agar hasil lebih optimal, usai menggunakan campuran dari bahan-bahan ini, oleskan body lotion kesayangan.

Yoghurt dan Pepaya

Haluskan pepaya, lalu campurkan dengan yoghurt. Oleskan campuran tersebut pada kulit tangan dan diamkan sekitar 5 hingga  10 menit. Setelah itu basuh hingg abersih.

Avokad

Haluskan avokad. Setelah itu oleskan pada kulit tangan sambil dipijat-pijat lembut. Setelah itu diamkan 5 hingga 10 menit. Lalu, bilas hingga bersih.

Avokad mengandung banyak lemak menyehatkan dan phytonutrient yang mampu melembabkan kulit.

Minyak Almond atau Zaitun

Oleskan minyak ini ke seluruh bagian tangan dan kuku. Lalu bungkus tangan dengan handuk kecil agar kandungan minyak dapat meresap lebih baik. Setelah lima menit, hapus sisa minyak dengan handuk. Jangan dibilas.

Telur, Lemon, dan Minyak Zaitun

Campurkan telur, lemon dan minyak zaitun.  Kemudian oleskan ke seluruh bagian tangan. Diamkan selama  15 hingga 20 menit. Lalu bilas hingga bersih.

Agar Kuku Lebih Kuat dan Cantik

Kuku merupakan salah satu indikator kesehatan dan kecantikan. Agar kuku terlihat kuat dan cantik, tentu harus dirawat. Nah, bahan-bahan berikut dapat menguatkan dan mengatasi masalah kuku kusam.

Bawang Putih

Potong bawang putih dan oleskan ke seluruh kuku. Diamkan selama lima menit. Lalu cuci bersih dengan sabun.

Bawang putih dipercaya memiliki kandungan zinc dan kalsium yang tinggi dan bermanfaat untuk menguatkan kuku.

Belimbing Sayur

Gosokan belimbing sayur atau belimbing wuluh ke seluruh bagian kuku. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas. Buah ini tidak hanya berkhasiat menguatkan kuku, tetapi juga mampu mengangkat kotoran yang tertinggal di sela-sela kuku.

Lidah Buaya

Belah lidah buaya, lalu gosokan bagian dagingnya ke setiap kuku. Diamkan sekitar lima menit sebelum dibilas. Selain dipercaya mampu menguatkan kuku, lidah buaya juga dipercaya bermanfaat untuk menguatkan dan menghitamkan rambut. Dulu saya secara rutin sering menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut. Hasilnya, rambut menjadi hitam dan lebih mudah diatur.

Selamat Mencoba! Salam!(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *