Cucum Suminar

Lifestyle, Parenting & Travelling Blog

Efek Pandemi, Mall Masih Sepi

Suasana BCS Mall. | Dokumentasi Pribadi

Sejak  pandemi Covid-19 merebak saya libur jalan-jalan ke mall. Padahal dulu secara berkala saya rutin berkeliling ke pusat perbelanjaan untuk menghilangkan suntuk. Entah untuk jajan aneka kuliner, atau sekedar “mengecek” harga barang-barang incaran yang ingin dimiliki (baca: window shopping) hehe.

Hingga kemarin (17/12) saya tergoda untuk mampir ke salah satu pusat perbelanjaan di Batam, Kepulauan Riau. Entah mengapa tiba-tiba ingin sekali mencicip salah satu jajanan yang dijual di Batam City Square (BCS) Mall. Akhirnya saya memberanikan diri berkunjung ke mall tersebut.

Efek nyaris setahun tidak pernah menjejakan kaki ke mall, jujur saya agak linglung. Saat akan mengambil karcis parkir kendaraan, saya malah memencet tombol bantuan, bukan tombol agar kertas parkir keluar secara otomatis. Beruntung saya cepat sadar sebelum ada petugas parkir yang menghampiri.


Suasana BCS Mall. | Dokumentasi Pribadi

Saat tiba diparkiran basement pun agak sedikit bingung, di mana pintu masuk ke dalam mallnya. Entahlah tiba-tiba lupa. Namun ternyata bukan salah saya juga sih. Pintu masuk/keluar mall dari arah basement memang digeser sedikit ke arah kiri dari pintu biasa. Mungkin karena pihak pengelola harus menyediakan alat pengukur suhu tubuh otomatis dan hand sanitizer untuk pengunjung.

Terlihat Lengang

Suasana tempat parkir di bagian basement terasa biasa. Mobil-mobil berderet rapi dengan jumlah cukup banyak, begitu juga dengan motor. Hanya saja saat masuk ke dalam mall suasana senyap langsung terasa. Escalator terlihat melompong hanya dinaiki satu-dua pengunjung, begitu juga dengan lorong-lorong antar toko di dalam mall.


Suasana BCS Mall. | Dokumentasi Pribadi

Padahal saya berkunjung saat jam makan siang. Biasanya dulu sebelum pandemi menerpa, pada hari kerja dari jam 11.30 hingga 14.00 WIB BCS Mall selalu ramai pengunjung. Ada banyak yang bertandang untuk makan siang, atau berbelanja beragam kebutuhan di sela istirahat kantor.

Stall makanan selalu ramai, beberapa tempat bahkan penuh hingga kita terpaksa harus memilih tempat makan lain yang masih ada kursi kosong. Begitu juga dengan toko pakaian, sepatu, tas, hingga toko maianan anak. Ada saja pengunjungnya. Entah itu berbelanja, ataupun sekadar window shopping.


Suasana BCS Mall. | Dokumentasi Pribadi

Namun, kemarin banyak toko yang nihil pengunjung, terutama toko pakaian, tas, sepatu dan mainan anak. Stall yang sedikit terlihat ramai adalah yang menjual makanan, baik yang menjual makanan berat, maupun jajanan ringan. Ada saja pengunjung yang membeli makanan, baik yang makan ditempat (dine in), atau dibungkus (take away).

Patuh Protokol Kesehatan

Jujur saya sebenarnya sedikit takut berkunjung ke mall saat pandemi Covid-19. Takut tertular virus tersebut. Namun, pihak mall ternyata cukup ketat menerapkan protokol kesehatan. Sebelum masuk ke dalam mall, suhu tubuh diukur terlebih dahulu dengan alat pengukur suhu otomatis. Setelah itu, tangan harus dibasuh hand sanitizer. Bila suhu tubuh normal bisa masuk ke dalam mall, bila tidak tidak akan diizinkan. Ada satpam yang mengawasi di pintu masuk.


Suasana BCS Mall. | Dokumentasi Pribadi

Masker sudah tentu wajib dipakai oleh semua pengunjung maupun pemilik dan penyewa toko. Selain itu, petugas parkir menggunakan sarung tangan dari palstik, sehingga saat kita memberikan uang dan kertas parkir tidak bersentuhan langsung dengan kulit tangan masing-masing.

Satu hal yang pasti, yang membuat lebih merasa aman dan nyaman, suasana mall lengang sehingga tidak terlalu banyak bersinggungan dengan pengunjung lain. Kalau pun berpapasan jaraknya cukup jauh. Kita bisa mengatur sendiri agar tidak terlalu dekat dengan pengunjung lain.

Meski cukup aman, memang ada baiknya bila tidak terlalu penting tunda dulu ke mall. Apalagi pemerintah saat ini sedang mengupayakan agar pandemi Covid-19 ini cepat berlalu, salah satunya melalui vaksinasi. Salam! (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *