Cucum Suminar

Lifestyle, Parenting & Travelling Blog

Resep Praktis Seblak Hot Jeletot

Indomie seblak hot jeletot. | Dokumentasi Pribadi

Sejak pandemi Covid-19 semakin merebak saya menjadi lebih sering memasak. Mengolah makanan sendiri rasanya lebih aman dibanding membeli makanan dan jajanan siap saji. Apalagi selama pandemi, kita juga diminta untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Namun, karena saya tidak jago memasak, saya biasanya mencari resep praktis yang mudah dibuat. Salah satu resep andalan saya selama pandemi ini adalah seblak hot jeletot. Saya dan suami kebetulan sangat menyukai penganan asal Jawa Barat tersebut. Alhasil, hampir setiap minggu kami membuat jajanan ini.

Namun, karena saya tidak jago memasak, bumbu utama seblak tidak saya buat sendiri. Saya memanfaatkan bumbu dari Indomie Seblak Hot Jeletot. Saya tinggal menambahkan beberapa bumbu dan bahan agar hasilnya terasa lebih endess, agar lebih mirip dengan seblak yang dijual abang-abang langganan.

Untuk satu porsi

Bahan

1 bungkus Indomie Seblak Hot Jeletot

1 ruas kecil kencur yang sudah dicincang atau digeprek hingga halus.

3 buah cabe rawit (bisa ditambah atau dikurang sesuai selera)

1 siung bawang merah, iris tipis

1 siung bawang putih, geprek, cincang

1 buah telur ayam

1 buah sosis (atau sesuai selera)

5 buah kerupuk mentah (bisa ditambah atau dikurang sesuai selera) yang sudah direndam dengan air hangat. Biasanya saya rendam hingga benar-benar empuk agar tidak terlalu lama saat dimasak dengan bahan lain. Saya menggunakan air hangat agar kerupuk cepat empuk. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit, tergantung jenis kerupuk. Agar rasa lebih gurih, saya juga menggunakan kerupuk ikan, bukan kerupuk bawang.

1 batang sawi (optional, sesuai selera)

300 mili liter air atau sesuai selera.

Cara Membuat

Didihkan air dengan menggunakan api sedang. Setelah mendidih, masukan kerupuk yang sudah direndam air, bawang merah, bawang putih, kencur, dan cabe rawit. Aduk hingga kerupuk benar-benar empuk dan layak makan.

Setelah itu, masukan telur, aduk-aduk hingga hancur dan berbentuk sepihan –tidak berbentuk bulat lagi. Setelah itu masukan sawi, sosis, mie, dan kerupuk yang disertakan di Indomie Seblak Hot Jeletot. Saat mie mulai terlihat setengah matang, masukan semua bumbu yang ada di Indomie Seblak Hot Jeletot sambil diaduk perlahan.

Setelah mie matang, angkat, lalu sajikan di atas mangkuk. Beneran deh rasanya enak banget, mirip sama seblak yang biasa saya beli di mamang-mamang seblak asli Bandung, Jawa Barat, yang biasa mangkal di ruko dekat supermarket langganan.

Tanpa tambahan bumbu dan bahan lain, Indomie Seblak Hot Jeletot sebenarnya juga sudah cukup enak. Sudah ada kerupuk juga yang disertakan dalam kemasan tersebut. Kerupuknya juga cepat empuk sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk memasak. Namun, bagi yang suka pedas, rasanya kurang nendang. Selain itu –yang pasti, jadi kurang banyak hehe. Salam! (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *