Cucum Suminar

Lifestyle, Parenting & Travelling Blog

Tak Merasa Berlangganan SMS Berbayar XL yang Menyedot Pulsa? Hentikan dengan Cara Ini


Dokumentasi Pribadi

Saya lupa kapan tepatnya, saya kerap menerima SMS dari nomor 99088 dan 99858 di kartu pra bayar XL yang saya gunakan. Pesan pendek tersebut biasanya dikirm di waktu yang berbeda. SMS dari 99088 dikirim dini hari, dan SMS dari 99858 dikirim dua kali pada pagi dan  siang hari.

Pesan yang dikirim dari 99088 biasanya berisi tebak-tebakan. Salah satu isinya seperti ini:

Nama julukan Bhutan adalah?

  1. Last Shangri-La
  2. Raja Naga

Kirim A/B ke 99088. Gratis.


Dokumentasi Pribadi

Sementara isi pesan dari 99858 tidak sekonsisten dari nomor 99088. SMS dari 99858 terkadang berisi ajakan untuk mendapatkan koin pulsa, terkadang tawaran untuk mendapatkan ponsel, terkadang bujukan untuk chat dengan menggunakan paket data. Salah satu isinya seperti ini.

Hy, dapat SMS ini ya? Artinya kamu barusan dapat +50 koin pulsa.

Hub *500825# utk ambil +5 tambahan koin segera!

Unreg chat ke 99858/0818988585

Saat itu, saya mengira SMS yang dikirim hanya berupa ajakan. Bila kita abaikan kita tidak dirugikan apapun. Tidak ada pemotongan pulsa. Kalaupun ada hanya berapa ratus rupiah, sebagai ganti biaya SMS. Toh, saya tidak merasa daftar. Tidak juga merasa mengirim atau mengklik apapun yang bisa dikategorikan sebagai bentuk pendaftaran.

Namun ternyata dugaan saya salah. Tahun lalu, saat saya akan menelepon salah satu kerabat, saya tidak bisa terhubung karena pulsa yang saya miliki tidak cukup untuk melakukan panggilan telepon. Jujur, saya lumayan terkejut.

Waktu itu saya merasa masih ada beberapa puluh ribu pulsa yang tersisa di kartu pra bayar XL saya. Cukup untuk menelepon selama beberapa puluh menit. Namun ternyata, saat saya mengecek jumlah pulsa yang saya miliki melalui nomor layanan *123#, pulsa yang tersisa memang nol.

Pulsa Terkuras Hingga Habis

Awalnya saya tidak mengira pulsa saya terpotong oleh SMS berbayar itu. Namun, setelah mengisi pulsa SMS tersebut terkirim lagi, saya menjadi curiga. Lalu saya cek jumlah pulsa yang saya miliki, ternyata memang berkurang beberapa ribu rupiah. Sekitar Rp2.000/SMS. Bila dilakukan nyaris setiap hari, terlebih langsung dua SMS sekaligus, lumayan juga membuat pulsa auto habis.

Akhirnya saat SMS tersebut dikirim lagi, saya balas dengan tulisan UNREG. Beberapa waktu, aman dari SMS-SMS itu. Namun beberapa hari kemudian SMS itu muncul lagi. Saya sempat gusar. Saya sempat selalu menghabiskan pulsa yang ada untuk digunakan keperluan lain. Terkadang saya habiskan untuk menelepon saja ke teman atau keluarga, daripada habis percuma kan.

Setelah itu, saya juga hanya mengisi pulsa minimal dengan tujuan hanya untuk memperpanjang masa berlaku sim card selama satu bulan. Biasanya saya isi Rp100.000/bulan, kini saya isi Rp25.000/bulan. Saya berpikir, kalaupun terus tersedot saya hanya “membuang uang” Rp25.000/bulan.

Setelah cara “unreg” tidak berhasil, saya lalu memblok nomor yang mengirim SMS-SMS itu. Nomor memang terblok. Ada pemberitahuan ada beberapa SMS yang terblokir. Pas saya lihat ke folder pemblokiran, ternyata SMS dari dua nomor penyedot pulsa itu. Namun, ternyata, meski nomor dan SMS terblok, pemotongan pulsa tetap berjalan.

Sempat gusar. Namun, karena malas memikirkan hal ini terlalu dalam akhirnya saya biarkan saja. Akhirnya setiap bulan pulsa Rp25.000 saya memang habis begitu saja. Terpotong pengiriman SMS berbayar dari dua nomor yang saya merasa tidak pernah mendaftarakan diri untuk mendapatkan SMS-SMS itu.

Bisa Dihentikan dengan Cara Ini

Lalu tadi saat sahur (8/5), saya iseng browsing bagaimana cara menghentikan pengiriman SMS berbayar yang cukup menyedot pulsa tersebut. Setelah Google manampilkan beberapa artikel, saya klik salah satu. Saya baca artikelnya, saya coba satu-satu cara yang dianjurkan. Namun, tidak ada satu pun yang berhasil.

Saya sudah putus asa, ya sudahlah, relakan saja “buang uang” Rp25.000 per bulan. Atau nanti saya coba menghubungi layanan pelanggan XL melalui media sosial. Menurut artikel yang saya baca, biasanya berhasil. Bila belum berhasil juga bisa menghubungi call centre atau datang ke kantor layanan pelanggan secara langsung.

Saat saya akan menutup artikel yang saya baca, tiba-tiba mata saya tertumbuk pada komentar salah satu pembaca. Pembaca tersebut mengatakan, untuk menghentikan layanan SMS berbayar XL, bisa dilakukan dengan cara mengetik nomor *123*66#. Dengan setengah hati saya coba, ternyata berhasil.

Begini cara lebih detailnya:

Buka bagian telepon, ketik *123*66#. Setelah itu tekan call.


Dokumentasi Pribadi

Nanti akan ada ucapan Selamat Datang di Selfcare. Nanti akan ada pilihan, kita akan memilih 1. stop layanan lain, atau 2. bantuan contact center. Tekan angka 1. Lalu klik send.


Dokumentasi Pribadi

Setelah itu kita akan dikirim pesan lagi berupa pilihan mana layanan SMS yang akan kita stop. Saya ketik angka 3 agar dapat berhenti berlangganan dari semuanya.


Dokumentasi Pribadi

Setelah itu, kita akan dikirim pesan lagi berupa pilihan, 1. Tekan angka 1 untuk berhenti berlangganan dari semua, 0 kembali. Ketik angka 1, klik send.


Dokumentasi Pribadi

Setelah itu akan ada pesan lagi berupa pertanyaan mengapa kita berhenti berlangganan, ada banyak pilihan. Saya lupa pula tidak screenshot, tetapi beberapa pilihannya salah tiganya adalah apakah tarifnya terlalu mahal. apakah isi SMSnya kurang menarik, atau apa karena merasa tidak mendaftar untuk mendapatkan SMS tersebut. Saya memilih merasa tidak mendaftar.


Dokumentasi Pribadi

Setelah itu akan ada ucapan terimakasih. Beberapa menit kemudian akan ada pemberitahuan berupa SMS dari kedua nomor tersebut bahwa kita sudah tidak lagi terdaftar di layanan tersebut.


Dokumentasi Pribadi

Selamat Mencoba. Semoga Berhasil. Salam! (*)

4 comments on “Tak Merasa Berlangganan SMS Berbayar XL yang Menyedot Pulsa? Hentikan dengan Cara Ini

  1. Wadddduuuuh persis banget nih kejadiannya.. Baru isi pulsa tiba2 kepotong 2rb an pas dapet SMS dari 99858061. Pantesan abis ga jelas terus tiap kali diisi. Hubungi 817, lagi gangguan. Diblokir ternyata ga ngaruh juga ya.. Apa XL ga punya solusi wat ngatasi yg kaya beginian..

    1. Pakai cara yang saya share ini bisa Pak. Saya sudah coba dan tidak dipotong-potong lagi, tidak didaftarkan juga secara tiba-tiba ke program seperti itu yang memotong pulsa.

  2. aduh pengalaman gw saat ini,gw pengguna simPATI Telkomsel..tolong bantuan informasinya gimana ya..kesel banget lama2..pulsa abis2 ga jelas terus

  3. Sama kejadiannya nih… Tiap 2 minggu sekali pasti kepotong 2rb.
    Sebetulnya saya TIDAK pernah telp/sms menggunakan XL.. nomor XL hanya dipakai utk data internet n no WA aja…
    Tapi selalu tiap 2mg sekali kepotong 2rb, di cek info 123 statusnya tdk pernah ikut program atau paket XL ?
    Apakah XL sdh kehabisan pemasukan sehingga sll potong” pulsa ????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *