Cucum Suminar

Lifestyle, Parenting & Travelling Blog

Seru, Berlibur dan Merayakan HUT RI di Harris Resort Waterfront Batam

Bermain dengan kelinci. | Dokumentasi Pribadi

Biasanya saya merayakan kemerdekaan Indonesia dengan para tetangga di sekitar rumah di kawasan Sei Panas, Batam, Kepulauan Riau. Menemani anak pertama ikut berbagai perlombaan, mulai dari lomba makan kerupuk, memasukan pensil ke dalam botol, hingga lomba membawa kelereng dengan menggunakan sendok.

Paling banter saya dan keluarga pergi ke Pulau Belakangpadang, Batam. Melihat karnaval, menonton sampan layar atau lomba dayung tradisional. Kegiatan tersebut biasanya rutin diadakan setiap tahun. Sekalian kami menjenguk keluarga besar yang tinggal di pulau tersebut.

Salah satu kolam rennag anak. | Dokumentasi Pribadi

Namun tahun ini sedikit berbeda. Saya dan keluarga memilih merayakan HUT RI di Harris Resort Waterfront, Batam. Tujuannya ingin merasakan suasana berbeda. Ingin tahu juga apakah seru merayakan HUT RI di resort? Sekalian juga ingin mengajak anak berlibur. Kebetulan resort ini memiliki kolam renang yang maha luas. Selain itu, memiliki beberapa kegiatan menarik untuk anak-anak.

Menanam Bunga hingga Memberi Makan Ikan

Usai check in dan menyimpan koper yang berisi pakaian dan perlengkapan pribadi di kamar, saya dan anak pertama langsung menuju Lobby Trendy Harris Resort Waterfront. Kami bersiap mengikuti perlombaan yang akan diikuti beberapa pengunjung resort. Sementara suami, tetap di kamar. Menjaga anak kedua kami yang baru berusia 11 bulan.

Kamar yang kami tempati. | Dokumentasi Pribadi

Sebenarnya si anak bayi bisa juga ikut seru-seruan. Namun agar ikut lomba dengan lebih leluasa, saya memilih si bayi tetap berada di kamar bersama suami yang saat itu sedang tidak enak badan. Efek salah makan. Beberapa waktu sebelumnya kami sempat salah membeli jajanan. Saya yang “perut karet” tidak terkena dampak, tetapi suami langsung ngedrop.

Memasukan bola ke dalam gelas. | Dokumentasi Pribadi

Ada beberapa lomba yang disiapkan pihak resort. Lomba pertama adalah memasukan bola pingpong ke dalam gelas-gelas plastik yang disusun di lantai menyerupai bentuk segitiga. Setiap keluarga mendapat kesempatan empat bola untuk dimasukan ke dalam gelas-gelas tersebut.

Sulitnya, bola tersebut ternyata tidak boleh langsung dimasukan ke dalam gelas. Namun harus dipantulkan ke lantai terlebih dahulu. Saat melihat pihak Harris mencontohkan, dalam hati saya bilang ah gampang. Namun dua bola yang coba saya masukan, tidak ada satupun yang nyangkut di gelas.

Ayam Kate. | Dokumentasi Pribadi

Anak saya justru berhasil memasukan kedua bola ke dalam gelas tersebut. Meski bola yang pertama dianulir karena ternyata tidak dipantulkan terlebih dahulu. Setelah itu kami bermain tenis meja. Namun, hanya beberapa peserta saja yang bermain. Saya sendiri lebih memilih menonton karena memang tidak ahli menepuk-nepuk bola di atas meja.

Melihat anak-anak yang mulai bosan, pihak resort akhirnya mengajak pengunjung untuk ikut kegiatan Go Green Tour. Kami diajak melihat ayam kate dan kelinci yang dibuatkan kandang khusus di samping resort. Setiap pengunjung, khususnya anak-anak, berebut untuk berinteraksi dengan si ayam dan kelinci.

Memilih tumbuhan yang akan ditanam. | Dokumentasi Pribadi

Puas bermain dengan dua jenis hewan tersebut, pihak resort mengajak anak-anak berkebun. Setiap anak boleh memilih satu jenis tanaman untuk ditanam di pot khusus yang disediakan pihak resort. Tanaman yang dipilih cukup beragam, mulai dari bunga untuk mempercantik halam rumah, hingga aneka tanaman obat.

Anak saya memilih tanaman memanjang berwarna ungu. Saya kurang tahu namanya. Ia sepertinya memilih bunga itu karena berwarna ungu dengan bentuk yang lumayan besar. Ungu memang warna kesukaan anak saya. Sementara ia memilih bunga yang berukuran besar, mungkin agar tidak kebanting dengan posturnya yang bongsor hehe.

Anak saya saat mengisi pot dengan tanah tambahan. Dibantu oleh petugas dari resort. | Dokumentasi Pribadi

Anak-anak diminta memindahkan bunga dari polybag ke dalam pot. Bila kesulitan bisa dibantu oleh orangtua atau petugas dari Harris Resort Waterfront. Setelah bunga berhasil dipindahkan, anak-anak diminta untuk menambahkan tanah ke dalam pot hingga penuh. Setelah selesai, bunga-bunga tersebut akan diberi nama si anak yang menanam, lengkap dengan nomor kamar di Harris Resort.

Tiga sampai lima hari setelah bunga ditanam, pihak resort biasanya akan mengirim foto bunga tersebut ke nomor whatapps orangtua si anak. Memperlihatkan bahwa bunga tersebut tumbuh dengan baik. Biasanya sekadar untuk kenang-kenangan dan memperkukuh rasa cinta si kecil kepada alam.

Usai menanam berfoto bersama. | Dokumentasi Pribadi

Usai menanam bunga, kami diajak berpawai menuju kolam ikan yang berada di areal depan resort. Sambil berjalan kami meneriakan yel, merdeka! sambil mengibarkan bendera merah-putih. Selama belasan menit, anak-anak asik memberi makan ikan. Apalagi ikannya langsung berkerumun setiap kali ada yang melemparkan makanan.

Pawai sambil membawa bendera. | Dokumentasi Pribadi

Puas bercengkrama dengan ikan, anak-anak diajak untuk menghias cupcake. Melihat krim cupcake yang disediakan pihak resort berwarna warni seperti pelangi, anak-anak sudah tak sabar untuk segera menghias kue tersebut. Padahal sebelum diperkenankan menghias, pihak resort akan memberi contoh terlebih dahulu bagaimana menghias cupcake tersebut.

Cup cake buatan anak pertama saya. | Dokumentasi Pribadi

Marketing & Branding Manager Shared Service Harris Hotel Batam Center & Harris Resort Waterfront Batam, Dilla Bachmid, mengungkapkan, sejak beberapa waktu lalu pihak hotel menawarkan program yang ramah anak tersebut. Tujuannya agar anak-anak lebih mencintai alam. Selain itu, agar mereka tidak bosan menunggu saat si orangtua sedang melakukan proses check in.

Memberi makan ikan. | Dokumentasi Pribadi

Biasanya begitu pengunjung yang membawa anak sampai di resort, pihak resort akan menawarkan program tersebut kepada tamu. Program tersebut sepenuhnya gratis dan dapat dinikmati setiap tamu yang menginap di Harris Resort Waterfront Batam. Namun, kegiatan berganti-ganti. Disesuaikan berdasarkan hari. Selain touring berkeliling resort, ada juga kegiatan menggambar dan mewarnai.

Tak Kalah Heboh dengan Lomba Agustusan Antar RW

Perlombaan ala 17 Agustus-an ternyata masih berlanjut di hari kedua. Lomba yang ditawarkan bahkan lebih banyak. Ada lomba makan kerupuk, membawa kelereng dengan menggunakan sendok atau penyangga balon, hingga membawa bola dengan menggunakan bandul berisi air.

Suasana sangat heboh. Apalagi anak-anak selalu berteriak memberi semangat setiap peserta. Baik peserta anak-anak itu sendiri, maupun peserta dewasa. Teriakan semakin heboh, saat orang tua si anak ikut menjadi salah satu peserta lomba. Terikan, “Ayah! Ayah!” atau “Ibu! Ibu!” Terus berkumandang.

Puncak kehebohan anak-anak tersebut adalah saat pembagian hadiah. Setiap anak berebut menjadi juara satu. Saat pihak Harris sengaja bertanya siapa juara satu lomba dengan penuh keisengan agar suasana semakin heboh, setiap anak akan akan mengacungkan jari sambil berteriak, “Saya! Saya!”

Lomba memakan kerupuk. Tali diikatkan ke kaki orangtua. Bila mau tarik-ulur harus menggerakan kaki. Lumayan pegal hehe. | Dokumentasi Pribadi

Beruntung pihak Harris sangat bijak, memberikan setiap anak hadiah. Sehingga meski tidak juara tetap mendapatkan merchandise khas Harris yang berwarna orange terang. Meski jenis yang didapatkan berbeda-beda. Anak saya mendapatkan tas, anak lain ada yang mendapatkan tumbler, ada juga yang mendapat sendal.

Dijamu Makanan Lezat Khas Indonesia

Satu hal yang paling saya sukai saat menginap di Harris Resort Waterfront adalah makanan yang disajikan begitu lezat. Selain itu, meski tetap menyediakan western food, makanan khas Indonesia tetap mendapatkan porsi utama. Pilihan yang disajikan sangat beragam, tentu dengan rasa yang begitu memanjakan lidah.

Lezat. | Dokumentasi Pribadi

Akhir pekan lalu karena bertepatan dengan HUT RI, hampir semua menu yang disajikan untuk sarapan, makan siang dan makan malam, diberi nama yang berbau kemerdekaan. Ada rendang kemerdekaan, Ikan Lautan Api, Mie Goreng Tempur, Ayam NKRI, Cumi Bambu Runcing, Cendol Pancasila, hingga Tomyam khas Thailand pun diberi nama Tomyam 1945.

Menurut Chef Harris Resort Waterfront Batam, Tasroni, pemilihan nama yang berbau kemerdekaan sengaja dilakukan agar suasana HUT RI lebih terasa. Ia melanjutkan, tak hanya nama yang disiapkan secara khusus. Beberapa menu juga sengaja dibuat untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Suasana makan malam diiringi live music. | Dokumentasi Pribadi

Apalagi ia menambahkan, tamu-tamu dari negeri tetangga sangat menyukai makanan khas Indonesia. Bahkan beberapa tamu dari Singapura tak segan memberi saran untuk lebih banyak menyajikan menu khas nusantara. Tak heran, menu di Harris Resort Waterfront sangat didominasi makanan khas Indonesia, meski juga tetap menyajikan menu lain yang tak kalah lezat.

Berburu Sunset dengan Yacht

Akhir pekan lalu, saya dan beberapa pengunjung Harris Resort Waterfront Batam bereksempatan menikmati senja di atas yacht. Kami berkeliling di sekitar resort sambil mengibarkan bendera merah-putih kecil. Menikmati sepoinya angin, hijaunya pepohonan, dan tentu saja matahari yang berwarna jingga sempurna.

Semburat jingga. | Dokumentasi Pribadi

Sambil mengibar-ngibarkan bendera merah-putih mini, beberapa anak bahkan ada yang membuat kor. Mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ada juga yang berteriak dengan penuh semangat, “Merdeka! Merdeka!”. Setelah sedikit lelah baru duduk-duduk diatas deck, beberapa ada yang memilih duduk di sofa.

Duduk santai menikmati pemandangan. | Dokumentasi Pribadi

General Manager – Shared Service Harris Hotel Batam Center & Harris Resort Waterfront Batam, M. Mufrani, mengungkapkan yacht tersebut sengaja disediakan untuk menambah fasilitas bagi pengunjung Harris Resort Waterfront Batam. Ia menambahkan, sebisa mungkin ingin memberikan fasilitas yang lengkap untuk para tamu yang sedang berlibur di resort tersebut. Sehingga, menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Sangat Ramah Anak

Yeay, ada tendanya!

Teriak anak pertama saya senang saat memasuki kamar. Mata si buah hati semakin berbinar saat di dalam tenda ternyata disediakan dua buku cerita bergambar dan snack yang lumayan lengkap dan banyak. Ada susu dan jus kemasan, masing-masing dua buah. Ada cokelat, keripik khas anak-anak, hingga biskuit.

Dilengkapi tenda. | Dokumentasi Pribadi

Anak saya semakin senang karena pihak resort juga menyediakan lampu kerlap-kerlip. Saat lampu kamar dimatikan, dan tenda ditutup,  kita benar-benar seperti sedang berkemah dipegunungan. Terlebih bila pengatur suhu ruangan diatur lebih dingin. Bedanya, kita sebenarnya berada di tempat aman nan nyaman.

Saya dan suami juga tak kalah sumringah. Sebagai bentuk ucapan selamat datang, mereka menyajikan fresh juice homemade yang dikemas dalam botol sedang, cokelat dan roti yang dihias sedemikian rupa. Jus yang disajikan bukan sembarang jus, tetapi jus untuk membantu mendetoks dan merampingkan tubuh.

Welcome drink. | Dokumentasi Pribadi

Hospitality di Harris Resort Waterfront Batam memang jempol. Selain memperhatikan hal-hal kecil yang membuat hati tamu berbunga-bunga, semua bagian di resort tersebut juga sangat murah senyum dan senang membantu. Saat berpapasan dengan petugas, pasti ada kalimat sapa yang terucap.

Efeknya, para tamu juga jadi ikutan ramah. Beberapa kali saya berpapasan dengan tamu resort di lorong hotel dan elevator yang juga ikut menyapa, “Good Morning.” Atau sekadar memberi senyum.

Bersepeda santai. | Dokumentasi Pribadi

Kapan-kapan harus berlibur disini lagi. Apalagi banyak fasilitas gratis yang ditawarkan untuk tamu. Selain kolam renang, lengkap dengan beberapa pelampung, juga ada sepeda, tenis meja, bulu tangkis, lapangan voli pantai, lapangan sepak bola mini yang lumayan luas, billiard, hingga mini zoo.

Dapat bonus satu loyang pizza. | Dokumentasi Pribadi

Kalau untuk fasilitas yang berbayar lebih banyak lagi. Lebih seru juga. Tak heran banyak perusahaan dan instansi di Batam dan negeri tetangga yang sengaja menghabiskan waktu di resort tersebut untuk team building. Saya pun sempat beberapa kali ikut team building di resort ini. Suasananya memang seru dan berbeda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *