Cucum Suminar

Lifestyle, Parenting & Travelling Blog

Melamar Pekerjaan, Pakai Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris?

Gambar diambil dari ekrut.com

Saat melamar pekerjaan terkadang kita bingung, pada surat lamaran yang dikirimkan apa bahasa yang harus kita gunakan, Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris? Terkadang kita tergoda untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai bukti kita menguasai dengan baik bahasa internasional tersebut. Apalagi di iklan lowongan pekerjaan disebutkan pelamar harus lancar berbahasa Inggris.

Padahal ada aturan yang tak tertulis, bila iklan lowongan pekerjaan menggunakan Bahasa Indonesia, lamaran yang diajukan sebaiknya menggunakan Bahasa Indonesia. Sebaliknya, bila iklan lowongan pekerjaan tersebut menggunakan Bahasa Inggris, surat lamaran sebaiknya juga menggunakan Bahasa inggris.

Salah Menggunakan Bahasa, Bisa Tidak Lolos ke Tahap Selanjutnya

Ada kalanya bagian HRD/kepegawaian tidak begitu peduli pelamar menggunakan bahasa apa. Menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, oke-oke saja. Dengan catatan, semua kualifikasi yang menjadi persyaratan untuk mengisi posisi yang lowong terpenuhi secara tertulis oleh si pelamar tersebut.

Biasanya setelah beberapa waktu, pelamar tersebut akan dipanggil untuk mengikuti seleksi pada tahap selanjutnya. Seleksi tersebut nanti yang akan menentukan apakah si pelamar akan melaju ke seleksi selanjutnya dan diterima, atau berhenti di seleksi tersebut karena ada kandidat lain yang lebih sesuai.

Namun jangan salah, ada juga beberapa bagian HRD/kepegawaian yang sangat memperhatikan bahasa yang digunakan di surat lamaran. Mereka tidak akan memanggil pelamar yang menggunakan Bahasa Inggris di surat lamaran padahal di iklan lowongan pekerjaan mereka menggunakan Bahasa Indonesia. Sebaliknya, mereka juga tidak akan memanggil pelamar yang menggunakan Bahasa Indonesia di surat lamaran padahal mereka memasang iklan lowongan pekerjaan dengan menggunakan Bahasa inggris.

Ada beberapa teman yang merasa masuk kualifikasi, tetapi tidak dipanggil untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Teman yang satu melamar ke salah satu instansi pemerintah sebagai pegawai tetap non PNS, saat itu ia menggunakan Bahasa Inggris di surat lamaran meski iklan lowongan pekerjaannya menggunakan Bahasa Indonesia karena ada persyaratan pelamar harus menguasai Bahasa Inggris dengan baik, baik lisan maupun tulisan.

Ia tidak dipanggil. Setelah kasak-kusuk bertanya, ternyata ia tidak dipanggil ke seleksi tahapan berikutnya karena di surat lamaran ia menggunakan Bahasa Inggris. Ia seharusnya menggunakan Bahasa Indonesia, walaupun tidak dicantumkan harus menggunakan Bahasa Indonesia di lowongan pekerjaan yang diiklankan instansi tersebut.

Teman yang satu selalu menggunakan Bahasa Indonesia setiap kali melamar pekerjaan meski iklan lowongan pekerjaan tersebut menggunakan Bahasa inggris. Hasilnya, beberapa kali ia tidak dipanggil ke seleksi tahapan selanjutnya saat melamar ke perusahaan multinasional yang iklan lowongan pekerjaannya menggunakan Bahasa Inggris.

Mengapa Pemilihan Bahasa (Terkadang) Begitu Penting?

Pemilihan bahasa di iklan lowongan pekerjaan (terkadang) ada maksud dan tujuan tertentu. Sehingga, bila iklan lowongan pekerjaan menggunakan Bahasa Indonesia, lamaran yang diajukan sebaiknya menggunakan Bahasa Indonesia. Sebaliknya, bila iklan lowongan pekerjaan tersebut menggunakan Bahasa Inggris, surat lamaran sebaiknya juga menggunakan Bahasa inggris.

Mengapa demikian? Surat lamaran merupakan perwakilan awal diri kita sebagai pelamar ke perusahaan atau instansi yang akan kita lamar. Melalui surat lamaran (dan CV) pihak perusahaan/instansi akan tahu kita kompeten atau tidak mengisi posisi pekerjaan yang kosong.

Iklan lowongan pekerjaan menggunakan Bahasa Inggris, karena pihak perusahaan ingin tahun sebagus apa Bahasa Inggris yang dikuasai si pelamar. Hal tersebut dikarenakan Bahasa Inggris diperlukan begitu krusial dalam proses pekerjaan. Atau Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar di perusahaan/instansi tersebut.

Sehingga, untuk tahu sejak awal apakah pelamar mengausai Bahasa Inggris atau tidak –agar pekerjaannya nanti tida terkendala, iklan lowongan pekerjaan menggunakan Bahasa Inggris, dengan harapan surat lamaran yang diajukan si pelamar juga menggunakan Bahasa Inggris.

Begitupula dengan Bahasa Indonesia. Saat pihak yang membuka lowongan pekerjaan menggunakan Bahasa Indonesia, pasti lebih memilih pelamar menggunakan Bahasa Indonesia di surat lamaran. Hal tersebut untuk mengetahui sebagus apa kemampuan komunikasi pelamar dalam Bahasa Indonesia.

Lalu bagaimana bila iklan lowongan menggunakan Bahasa Indonesia, sementara pelamar diminta dalam iklan lowongan tersebut harus lancar berbahasa Inggris? Bagaiaman membuktikan kita lancar berbahasa Inggris? Ada banyak cara, salah satunya dengan menyebutkan secara langsung kita lancar berbahasa Inggris. Toh, pasti nanti ada tahapan selanjutnya untuk memvalidasi pengakuan tersebut.

Selain itu, bisa melampirkan ijazah kursus Bahasa Inggris yang pernah kita ikuti. Atau kalau dari lulusan Bahasa/Sastra Inggris secara otomatis melampirkan ijazah pendidikan yang kita ambil di jurusan tersebut.

Selamat Melamar Pekerjaan! Salam! (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *