Cucum Suminar

Lifestyle, Parenting & Travelling Blog

Trik Mendapat Riasan Sempurna

Suasana make up class beberapa waktu lalu. | Dokumentasi Pribadi

Sama seperti memasak, merias juga ternyata ada “cara jitunya”. Ber-make up juga perlu strategi khusus agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Pantas, merasa sudah sering berlatih, memiliki alat rias yang lumayan lengkap, tetapi hasil riasan saya kok begitu-begitu saja. Tetap amatiran hehe.

Jangan Lupa Gunakan Pelembab

Efek penasaran, beberapa waktu terakhir ini saya sering iseng menanyakan tips merias wajah pada beberapa teman yang saya lihat sangat lihai “melukis” wajah. Selain itu, saya sering membuka beberapa tautan terkait kecantikan, melihat video di channel youtube, membaca majalah-majalah wanita, hingga beberapa kali iseng ikut kelas make up.

Ternyata salah satu tips yang paling utama saat merias wajah adalah, jangan pernah melewatkan pelembab. Pelembab itu berfungsi seperti magnet, menyerap, mengikat, dan mengunci tata rias. Sehingga tata rias lebih awet, rata, dan menempel sempurna.

Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikan make up, pastikan untuk mengaplikasikan pelembab terlebih dahulu. Untuk hasil yang lebih sempurna dapat ditambahkan serum dan tabir surya.

Untuk yang berkulit (muka) kering, disarankan memilih pelembab bertekstur krim, creamy. Biasanya pelembab model ini dikemas dalam bentuk jar. Sementara yang berkulit (muka) berminyak, gunakan pelembab yang berbahan dasar air, yang berbentuk lotion.

Pilih Foundation yang Tepat

Untuk mendapat riasan sempurna, kita wajib memilih warna foundation yang tepat. Usahakan pilih warna alas bedak yang sama dengan warna kulit. Untuk memastikan alas bedak tersebut sama (persis) dengan warna kulit, kita bisa pergi ke luar ruangan. Cahaya matahari umumnya bisa lebih membantu kita melihat warna dengan lebih sempurna.

Bila masih ragu, kita dapat membandingkan tiga foundation sekaligus. Coba oleskan tiga foundation dengan warna berbeda yang mendekati dengan warna kulit wajah kita di rahang. Setelah itu, pilih yang paling mendekati. Bila memungkinkan pilih yang sama persis. Semakin sama, semakin riasan akan terlihat lebih sempurna.

Oleh karena itu, sebelum membeli, foundation memang harus dicoba terlebih dahulu. Agar mendapat warna yang betul-betul sesuai. Anyway, agar lebih mudah mendapat foundation dengan warna yang sesuai, disarankan saat memilih foundation kita mengenakan atasan berwarna putih. Konon, warna putih membantu areal wajah menjadi lebih bercahaya, sehingga pemilihan warna menjadi lebih tepat.

Agar riasan wajah lebih sempurna, gunakan alas bedak sewajarnya. Jangan terlalu tebal, nanti malah seperti topeng. Selain itu, untuk areal wajah yang memiliki masalah dengan kerut dan garis halus, seperti sekitar mata dan garis senyum, sebaiknya tidak menggunakan foundation atau concealer. Alas bedak tidak dapat menyembunyikan kerut dan garis halus, justru akan semakin memperjelas kerut dan garis halus tersebut.

Jangan Mengaplikaskan Bedak Terlalu Tebal

Setiap perempuan pasti ingin terlihat lebih muda. Nah ternyata ada tips agar wajah terlihat lebih muda dan alami meski dirias lumayan lengkap, yakni pilih bedak dengan warna kekuningan. Selain itu, aplikasikan bedak sewajarnya. Jangan terlalu tebal. Terlebih bagi yang berkulit kering. Bedak yang terlalu tebal akan membuat wajah terlihat “berat” dan lebih tua.

Agar bedak dapat menempel sempurna, ada dua alat yang dapat digunakan. Pertama spons, kedua powder brush. Bila menggunakan spons, bedak diaplikasikan ke wajah dengan cara ditepuk dan digeser. Jangan pernah digosok. Bila menggunakan powder brush, bisa disapukan dengan pelan dan satu arah. Untuk hasil lebih alami disarankan, menggunakan kuas atau powder brush.

Jangan Lupa Tersenyum Saat Mengaplikasikan Blush on

Bertahun-tahun saya percaya, cara tepat saat mengaplikasikan blush on adalah dengan mengerucutkan bibir, memonyongkan bibir. Namun ternyata, saat mengaplikasikan blush on, sebaiknya kita justru tersenyum. Hal tersebut akan membuat wajah terlihat lebih natural. Mengerucutkan bibir hanya digunakan saat kita mengaplikasikan shading. Namun tentu, tersenyumnya jangan terlalu lebar hehe.

Saat memulaskan blush on, ada baiknya kita membuka bibir dengan pose tersenyum, kemudian pulaskan blush on dari puncak pipi ke pelipis. Hindari mengaplikasikan blush on ke tulang hidung karena akan memberi kesan kulit terlihat seperti terbakar.

Pintar Memilih Warna Eye Shadow

Agar mata terlihat lebih segar, disarankan menggunakan eye shadow dengan sentuhan glitter atau pearly. Pilih warna bernuasa tembaga atau gold. Saat mata lelah, sebaiknya menghindari nuansa warna silver atau abu-abu. Kedua warna tersebut akan membuat wajah terlihat lebih lelah.

Agar mata terlihat lebih menawan, ada baiknya menggunakan eye liner sesuai warna kulit. Untuk yang berkulit cerah, hindari warna eye liner emas dan cokelat, yang bisa memberi kesan wajah terlihat  lelah. Sebaliknya, untuk yang berkulit gelap hindari yang berwarna silver dan putih, yang dapat memberi kesan wajah terlihat sembab.

Jangan Mencabut Alis Berlebihan

Sebaiknya jangan mencabut alis terlalu berlebihan. Alis yang terlalu tipis akan membuat wajah terlihat lebih tua dan galak. Lebih baik mencabut alis sewajarnya. Hanya untuk merapikan.

Agar alis terlihat lebih cantik, bisa menggunakan pensil alis dan eyebrow shadow. Bentuk sudut luar alis dengan pensil alis. Setelah itu, untuk membentuk arch dan mengisi pangkal alis, gunakan eyebrow shadow. Agar hasil terlihat alami, gunakan bentuk asli alis. Selain itu, pilih pensil alis dan eyebrow shadow satu tingkat lebih muda dari warna rambut.

Lipstik Terlihat Alami

Agar pulasan bibir terlihat lebih alami, disarankan menggunakan kuas bibir. Mulai dari tengah bibir, lalu dilanjutkan ke arah kanan atau kiri. Bila tidak memiliki kuas, dapat juga menggunakan cotton bud, atau bahkan salah satu dari jemari kita untuk membaurkan lipstik tersebut.

Semoga bermanfaat! Saya juga sengaja menuliskan ini di sini, agar tidak lupa, dan lebih mudah saat dicontek ulang kala mau belajar ber-make up lagi hehe. Salam!(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *